Senin, 28 Oktober 2019

PENGENALAN AWAL MICROSOFT EXCEL 2016

MICROSOFT EXCEL 2016


Hasil gambar untuk logo excel

Microsoft excel merupakan  sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Jumlah Sel Microsoft Excel 2016 terdiri dari 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom atau 17.179.869.184 Sel.


Kelebihan Microsoft Excel



  1. User interface yang mudah untuk dipahami.
  2. Kompatibilitas dengan berbagai platform/sistem operasi.
  3. Mudah dipelajari untuk pengguna pemula.
  4. Tersedia lisensi dalam versi grosir.
  5. Mempunyai ekstensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet.
  6. Dapat membaca ekstensi standar spreadsheet (.csv).
  7. Fitur pivot untuk mempermudah manajemen data.
  8. Spreadsheet yang besar, dapat digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana.
  9. Resource RAM dan memory kecil dibanding program sejenis.
  10. Digunakan oleh berbagai industri, instansi dan pekerjaan.
  11. Mendukung Visual Basic
  12. Menyediakan fitur Research Pane untuk mempermudah mencari referensi analisis data dengan Microsoft Excel menurut para ahli terkait topik yang diteliti.



Kekurangan Microsoft Excel




  1. Akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik terbatas.
  2. Jumlah sel terbatas.
  3. Add-ins untuk disiplin ilmu tertentu seperti neural network, fuzzy logic tidak powerfull dibandingkan software sejenis contoh: MATLAB dan SAS .



Fungsi Microsoft Excel




  1. Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data serta grafik.
  2. Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan.
  3. Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dll.
  4. Melakukan analisis dan riset harga.
  5. Melakukan perhitungan statistika.
  6. Membantu berbagai sektor bisnis untuk mempermudah melakukan laporan keuangan.
  7. Membuat daftar nilai sekolah maupun universitas.
  8. Konversi mata uang.
  9. Membuat grafik persamaan matematika.
  10. Membuat program Excel dengan Visual Basic.
  11. Melakukan penelitian dengan berbagai metode penelitian.
  12. Sarana pembelajaran komputer dan logika , dan lain semacamnya



A. Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel


Ribbon pada Microsoft Excel adalah kumpulan perintah yang terdiri dari beberapa tab menu dan setiap tab terdiri dari tombol-tombol perintah dalam grup tertentu. Ribbon terdiri dari tab menu, grup perintah (command group) dan tombol perintah (command button).


B. Jenis Ribbon Microsoft Excel dan Fungsinya


Ribbon Microsoft Excel terdiri dari dari tab menu yang dilengkapi dengan grup perintah. Tab menu pada Microsoft Excel 2016 terdiri dari menu File, Home, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.


1. Menu File

Menu file merupakan menu utama pada Microsoft Excel 2016. Sejak rilis Microsoft Excel 2010, Office Button mulai digantikan dengan Menu File pada Ribbon Microsoft Excel. Menu File berfungsi untuk membuat, menyimpan, membuka serta manajemen file dan aplikasi pada Microsoft Excel.


2. Menu Home


Menu home pada Microsoft Excel memberikan perintah-perintah pada Microsoft Excel yang paling sering digunakan.
  1. Clipboard adalah grup perintah yang digunakan untuk melakukan cut, copy, paste pada Microsoft Excel. Cut adalah perintah untuk memindahkan data, copy perintah untuk menggandakan data dan paste adalah perintah untuk menjalankan perintah cut/paste di sel, worksheet maupun workbook yang berbeda dengan data aslinya.
  2. Font adalah grup perintah yang berfungsi untuk manajemen font pada Microsoft Excel. Anda dapat membuka dialog font dengan menekan CTRL+SHIFT+F. 
  3. Alignment adalah grup perintah pada Microsoft Excel yang berfungsi untuk mengatur perataan tampilan data serta penggabungan sel Microsoft Excel. Anda juga dapat membuka dialog alignment pada Microsoft excel dengan klik ikon di pojok kanan bawah group alignment.
  4. Number adalah grup perintah yang berfungsi untuk merubah format tampilan angka pada Microsoft Excel. Terdapat banyak format angka pada Microsoft Excel seperti general, accounting, percentage dan lain-lain. 
  5. Styles adalah grup perintah yang berfungsi untuk memberikan kustomisasi tampilan sel pada Microsoft Excel. Fitur ini membuat tabel yang akan dicetak menjadi lebih menarik.
  6. Cells adalah grup perintah yang berfungsi untuk melakukan modifikasi sel baik width (lebar), height (tinggi) dan lain-lain.
  7. Editing adalah grup perintah yang sangat berfungsi untuk manajemen data. Editing menyediakan tombol perintah yang sering digunakan untuk membuat formula Excel seperti SUM, MAX, MIN dan lain-lain.



3.  Menu Insert


Menu Insert berfungsi untuk menyisipkan data pada lembar kerja Microsoft Excel.
  1. Tables adalah grup perintah yang berfungsi untuk membuat tabel dan pivot.
  2. Illustrations adalah grup perintah yang berfungsi untuk menambahkan gambar dan shape.
  3. Add-Ins adalah grup perintah untuk menambahkan fitur tambahan dari microsoft store.
  4. Charts adalah grup perintah yang berfungsi untuk membuat grafik pada Microsoft Excel. 
  5. Tours adalah grup perintah yang dapat membuat data geografis pada Microsoft Excel. 
  6. Sparklines adalah grup perintah untuk membuat mini charts.
  7. Filters adalah grup perintah yang digunakan untuk menyaring data. Terdapat dua jenis filter yaitu Slicer untuk menyaring data secara visual dan Timeline digunakan untuk menyaring data berdasarkan waktu.
  8. Links adalah grup perintah yang digunakan untuk menambah Hyperlink pada sel.
  9. Text adalah grup perintah untuk menambahkan teks khusus.
  10. Symbols adalah grup perintah untuk menambah simbol dan rumus / equation matematika.




4. Menu Page Layout


Menu Page Layout digunakan untuk mengatur ukuran lembar kerja terkait dengan proses mencetak file Excel.
  1. Themes adalah grup perintah yang dapat memberikan efek visual pada lembar kerja Microsoft Excel.
  2. Page Setup adalah grup perintah yang digunakan untuk melakukan pengaturan kertas pada lembar kerja Microsoft Excel.
  3. Scale to fit adalah grup perintah untuk mengatur skala baris dan kolom terhadap ukuran kertas pada lembar kerja Microsoft Excel. Anda dapat mengatur banyaknya kolom dan baris yang akan ditampilkan pada ukuran kertas di lembar kerja Microsoft Excel. Kotak dialog ini sebenarnya berada pada kotak dialog Page Setup namun disediakan grup khusus untuk mempermudah pengguna.
  4. Sheet Option adalah grup perintah untuk menampilkan Gridlines (garis pembatas sel) dan Headings baik saat melakukan editing melalui lembar kerja excel maupun printing. 
  5. Arrange adalah grup perintah yang berfungsi untuk mengatur objek umumnya berupa shape pada lembar kerja Microsoft Excel. Terdapat pilihan Bring Forward, Send Backward, Selection Pane, Align, Group Objects dan Rotate.



 5. Menu Formulas


  1. Function Library adalah grup perintah yang berfungsi menampilkan semua formula yang dapat digunakan pada Microsoft Excel.
  2. Defined Names adalah grup perintah ini berfungsi untuk memberikan nama sel pada Microsoft Excel.
  3. Formula Auditing adalah grup perintah yang berisi untuk manajemen suatu proses yang dilakukan suatu formula terhadap sel-sel pada Microsoft Excel.
  4. Calculation secara default fitur ini memang diaktifkan di Microsoft Excel untuk menghitung suatu formula secara langsung. Anda dapat mengubahnya pada grup perintah ini.



6. Menu Data


Menu Data terkait dengan manajemen data secara keseluruhan pada Microsoft Excel
  1. Get External Data adalah perintah yang berfungsi untuk melakukan import data di luar ruang lingkup Excel, seperti Microsoft Access dan SQL.
  2. Get & Transform adalah grup perintah kompleks yang dapat menggabungkan data dari sumber yang berbeda dan menampilkan dalam suatu format tertentu.
  3. Connections adalah grup perintah yang berfungsi untuk menghubungkan tabel tabel dalam lembar kerja microsoft Excel.
  4. Sort & Filter, grup perintah ini juga terdapat pada Menu Home Microsoft Excel.
  5. Data Tools adalah grup perintah ini digunakan pada penggunaan tingkat lanjut untuk analisis data, biasanya digunakan pada penelitian.
  6. Forecast adalah grup perintah yang berfungsi untuk meramalkan atau peluang menggunakan Microsoft Excel.
  7. Outline adalah grup perintah yang digunakan untuk mengelompokkan data sehingga lebih mudah untuk dilihat.


 7. Menu Review


Menu Review terkait dengan penulisan, perubahan serta komentar pada Microsoft Excel
  1. Proofing adalah grup perintah yang berfungsi untuk menganalisis kesalahan penulisan pada Microsoft Excel.
  2. Insight adalah grup perintah yang berfungsi mencari informasi terkait data yang anda buat dengan menggunakan Bing Search Engine.
  3. Language adalah grup perintah yang berfungsi menerjemahkan data yang anda buat ke bahasa lainnya.
  4. Comments adalah grup perintah yang berfungsi untuk menambahkan komentar pada lembar kerja, sehingga lebih mudah untuk dibaca.
  5. Changes adalah grup perintah yang berfungsi untuk memberikan keamanan data sehingga perubahan data lebih aman. Salah satunya anda dapat memberikan password pada file Microsoft Excel yang anda buat.



 8. Menu View


Menu View terkait dengan tampilan pada jendela Microsoft Excel secara keseluruhan
  1. Workbook View adalah grup perintah yang berfungsi untuk merubah tampilan Lembar Kerja, tombol perintah ini juga tersedia di pojok kanan bawah jendela Workbook Microsoft Excel.
  2. Show adalah grup perintah yang berfungsi menampilkan atau tidak Rules, Formula Bar, Gridlines atau Headings.
  3. Zoom adalah perintah untuk memperkecil atau memperbesar tampilan lembar kerja Excel.
  4. Window adalah grup perintah terkait manajemen jendela Microsoft Excel, anda dapat menambah jendela workbook baru dengan menggunakan fitur ini.
  5. Macros adalah perintah tingkat lanjut untuk manajemen perintah-perintah pada Microsoft Excel.

C. Mengenal Fungsi Pada Micrsoft Excel


Fungsi  merupakan rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel dan siap digunakan sebagai alat untuk membantu penghitungan .



1.     Fungsi statistik




  1. AVERAGE = Untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data yang terdapat pada suatu range tertentu.
  2. MAX = Untuk Mencari nilai tertingi dari sekumpulan data pada suatu range tertentu.
  3. MIN = Untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data pada suatu range nilai tertentu.
  4. COUNT = Untuk mencari jumlah data berformat angka yang terdapat dalam suatu range tertentu.
  5. COUNTIF = Untuk mencari jumlah data dari suatu range dengan kriteria tertentu.
  6. LARGE = Untuk mencari urutan nilai terbesar.
  7. SMALL = Untuk mencari urutan nilai terkecil .



2.     Fungsi Text




  1. Fungsi LEFT = Untuk mengambil beberapa karakter dari kiri pada sebuah string yang dipilih.
  2. Fungsi RIGHT = Untuk mengambil beberapa karakter dari kanan pada sebuah string yang dipilih.
  3. Fungsi MID = Untuk mengambil beberapa karakter dangan menentukan terlebih dahulu posisi awal karakter dan berapa karakter pada teks yang akan dimunculka.
  4. Fungsi LOWER = Untuk mengubah kondisi karakter teks dari bentuk huruf kapital menjadi huruf kecil.
  5. Fungsi UPPER = Merupakan kebalikan dari LOWER.
  6. Fungsi PROPER = Untuk mengapitalkan huruf pertama dari teks atau serangkaian teks yang terdapat pada sel.
  7. Fungsi CONCATENATE = Untuk menggabungka data-data berupa teks yang terdapat pada sel yang berbeda-beda kedalam satu sel.
  8. Fungsi REPT = Untuk mengulang teks yang terdapat pada sel tertentu sebanyak yang diinginkan
  9.  Fungsi LEN = Untuk mencari panjang karakter pada kalimat termasuk spasi.
  10.  Fungsi FIN = Untuk mencari sebuah teks atau karakter yang ada dalam kalimat yang hasilnya nanti adalah posisi pertama dari karakter yang dicari .


3.     Fungsi SUM


Berfungsi untuk menjumlahkan data-data yang terdapat dalam suatu range atau sel. Fungsi ini dapat menjumlahkan seluruh argumen yang ingin dijumlahkan , dan dapat membuat 30 argumen.



4.     Fungsi LOGIKA




  1. Fungsi VLOOKUP = Untuk mencari nilai pada kolom tertentu dimana kolomnya berbentuk Vertikal (=VLOOKUP(F4;TABEL_VLOOKUP;2)

  2. Fungsi HLOOKUP = Untuk mencari nilai pada kolom tertentu dimana kolom yang akan dicari berbentuk Horizontal (=HLOOKUP(F4;$K$5:$N$6;2)Sekian dulu ya pembahasan mengenai pengenalan awal microsoft excel 2016 nya yaaaa .

Trimakasih sudah berkunjung keblog saya😊😊 , jangan lupa tinggalkan komentar yang membangun ya!!!! agar blog ini kedepannya bisa lebih baik lagi.
sampai jumpa dipembahasan selanjutnya👋👋............ 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA MEMBUAT GRAFIK PADA MICROSOFT EXCEL 2016

Sebelun kita membahas cara membuat grafik , kita cari tau dulu yuk apa itu grafik ??? 1. Pengertian Grafik     Merupakan suatu rang...